Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan kekurangan Ubuntu

Kelebihan dan kekurangan Ubuntu

Ubuntu merupakan salah satu dari sekian banyak sistem operasi open source. Nah, dari sekian banyaknya sistem operasi yang beredar saat ini, Ubuntu menjadi favorit saya, mengapa? Karena berdasarkan pengalaman saya dalam menggunakan berbagai distro Linux, Ubuntu lah yang paling minimal bugs-nya. Karena selama saya menggunakan Ubuntu jarang sekali mengalami masalah seperti ketika memakai sistem operasi sebelah.
Dengan minimnya bugs tersebut, membuat saya betah dan nyaman menggunakan OS yang satu ini, bahkan sekarang Ubuntu sudah saya jadikan sistem operasi utama/primer. Mengapa? Bisa Anda baca pengalaman saya ketika “sadar” untuk meninggalkan Windows sebagai sistem operasi primer. Dan alhamdulilah, ada beberapa orang pembaca tulisan tersebut yang ikutan sadar juga.

Kelebihan Ubuntu berdasarkan pengalaman saya :
1. Open source. Atau dengan kata lain bebas digunakan tanpa perlu mengkhawatirkan lisensi. Yes, jadi tidak perlu main crack-crack-an gak jelas. yang pada akhirnya malah menghabiskan waktu dengan percuma hanya untuk mencari serial number yang fake, crack, cheating license, atau tujuan lain yang serupa.
Dengan memakai Ubuntu sebagai sistem operasi utama agar nantinya terbiasa dengan lingkungan Linux dan command-command yang biasa digunakan di berbagai keperluan, seperti untuk mengelola server sendiri, dll. Karena Ubuntu juga salah satu sistem operasi yang paling sering digunakan untuk web server.
2. Lebih minim terkena virus. Ya, Linux khususnya Ubuntu juga tidak menutup kemungkinan untuk terkena virus. Namun angka atau kemungkinan terkena/terinfeksi virus sangatlah kecil jika dibandingkan dengan Windows yang sangat rentan sekali “demam” akibat gangguan jutaan virus di luar sana. Karena sekarang virus bisa masuk dari berbagai sumber, salah satunya dari internet dan juga flash drive ketika digunakan secara bergantian.
3. Try it atau install inside Windows. Jika baru pertama kali menggunakan Ubuntu, jangan khawatir dan was-was, karena Ubuntu itu keren. Apa yang membuat Ubuntu keren? Jika masih belum familiar dengan Ubuntu bisa memanfaatkan fitur “Try it before you install it” atau Try Ubuntu yang berarti Anda bisa mencobanya terlebih dahulu. Mencoba memakai Ubuntu namun tanpa memerlukan proses install. Keren kan?
Nah, jika sudah mulai mahir, Anda bisa segera install. Masih belum yakin? Tenang, masih ada pilihan yang tanpa risiko, yaitu Anda bisa “install Ubuntu inside Windows“, jadi jika ada suatu hal yang terjadi pada Ubuntu, Anda bisa langsung me-remove-nya via Control Panel di Windows. Anda pun dapat menggunakan Windows seperti semula dan resiko pun bisa diminimalkan.
4. Aplikasi bawaan yang cukup lengkap. Jangan berpikir bahwa Ubuntu atau Linux pada umumnya itu sangat minim sekali aplikasi. Buktinya, pada Ubuntu ada banyak sekali aplikasi yang bisa langsung digunakan, bahkan itu sudah standar office lho. Ya, karena Ubuntu sudah tersedia office bawaan, yaitu LibreOffice. Mengenai lisensinya bagaimana? Don’t worry, it’s free!
Ubuntu fresh install juga sudah terinstall browser keren, yaitu Mozilla Firefox. Dan masih banyak lagi aplikasi lain yang cocok digunakan untuk berbagai pekerjaan. Bahkan untuk hiburan, sudah ada game bawaan yaitu AisleRiot Solitaire. Untuk manage email, sudah ada ThunderBird Mail. Cukup lengkap bukan?
Aplikasi lain untuk tujuan editing layaknya Photoshop seperti Gimp atau pengolah vektor seperti Inkscape. Namun jangan harap untuk menemukan semua fitur yang ada di Photoshop di aplikasi ini, karena tentu saja berbeda.
5. Lupakan masalah driver. Kegiatan menginstall driver terkadang bisa memakan waktu yang cukup lama dan sungguh itu adalah kegiatan yang sangat menjengkelkan. Parahnya lagi jika komputer tidak dilengkapi dengan DVD driver, karena tentu kita harus mencari sendiri driver dari setiap perangkat yang terdapat pada komputer kita, mulai dari VGA, wireless, LAN, Audio, dll.
Lupakan masalah driver ketika install Ubuntu, karena di sinilah kerennya Linux khususnya Ubuntu. Ketika selesai melakukan install, Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah driver yang belum terinstall, karena Ubuntu sudah support pada kebanyakan peripheral komputer yang ada. Dan Anda bisa memanfaatkan waktu untuk hal lain yang lebih bermanfaat ketimbang waktu untuk install driver.
6. Ubuntu Software Center. Lupakan untuk mencari aplikasi secara manual, dengan adanya Ubuntu Software Center install aplikasi menjadi mudah, dan kita tidak perlu lagi mencari aplikasi manual. Cukup dengan memanfaatkan Software Center, dan cari aplikasi apa yang hendak di install. This is smart way.
7. UI yang keren. Sudah bosan dengan UI Windows yang gitu-gitu aja? Ubuntu bisa menjadi alternatif untuk mengatasi rasa bosan tersebut. Tampilan GUI (Graphical user interface) Ubuntu mempunyai ciri khas tersendiri yang memungkinkan penggunanya nyaman dan betah berlama-lama mengoperasikan Ubuntu. Dan menurut saya pribadi, GUI Ubuntu ini lebih soft dan nyaman untuk dipandang. Juga tidak ketinggalan desktop environment-nya yang ciamik.
8. Jalankan aplikasi Windows di Ubuntu. Ya, ini menjadi poin keren selanjutnya dari Ubuntu. Betapa tidak, Anda dapat menjalankan berbagai macam aplikasi Windows pada Ubuntu dengan menggunakan aplikasi Wine. Untuk apa pakai Windows jika aplikasinya bisa dijalankan langsung pada Ubuntu. Namun meskipun begitu, tetap saja aplikasi yang dijalankan memakai Wine tidak akan sesempurna ketika dijalankan pada sistem operasi Windows sungguhan.
9. Boot time dan shutdown time (relatif) lebih cepat. Ketika pertama kali boot, Ubuntu relatif lebih cepat dibandingkan dengan Windows. Hal ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, bahkan pada hardware yang sama persis. Apalagi dengan shutdown time-nya. Cepet banget deh pokoknya.
10. Security. Ubuntu relatif “lebih” dalam hal security atau kemananan. Hal itu terbukti dari sangat minimnya angka infeksi virus dalam Ubuntu. Saya bahkan belum pernah melihat adanya gangguan virus pada perangkat komputer yang terinstall Ubuntu. Walaupun memang virus yang diciptakan untuk Linux itu pasti ada, namun kemungkinannya kecil.
11. Others. Saya kira masih banyak lagi kelebihan lain yang ada dalam Ubuntu yang belum terpaparkan di sini. Ubuntu adalah tempat saya belajar dan mengeksplor banyak hal baru, seperti command line dan terminal. Dan menurut saya itu hal yang menarik untuk terus dipelajari. Dan saya yakin, masih banyak kelebihan yang ada pada Ubuntu.

Kekurangan Ubuntu menurut saya
1. Belum user friendly. Ubuntu akan menjadi sesuatu yang “aneh” bagi early adopter atau pengguna yang benar-benar baru pertama kali menggunakannya. Kurang familiar. Terutama bagi pengguna Windows. Karena UI-nya sangat berbeda jika dibandingkan dengan Windows. Ya, karena hal ini juga sempat saya rasakan ketika baru pertama kali menggunakan Ubuntu. Ya, karena Ubuntu merupakan distro Linux yang pertama kali saya coba.
2. Aplikasi yang tersedia masih sedikit. Ya, aplikasi yang tersedia memang relatif sedikit apabila dibandingkan dengan aplikasi untuk sistem operasi Windows. Namun hal ini relatif dan tergantung dari penggunanya itu sendiri, mengingat kebutuhan dari setiap orang tentu berbeda. Jadi, sebutan sedikit atau tidaknya aplikasi Ubuntu tergantung dari user-nya itu sendiri.
3. Minimnya ketersediaan game. Nah, hal ini juga kalau menurut saya kembali lagi ke usernya. Karena memang Ubuntu tidak dirancang untuk “gaming”. So please deh, kalau mau main game mending pakai Windows saja. Tapi ingat, gunakanlah Windows yang original ya, jangan pakai yang bajakan.
Kayaknya segitu saja kekurangan Ubuntu ya. Secara Ubuntu itu keren banget menurut saya, lebih banyak kelebihannya malah. Demikian paparan mengenai kelebihan serta kekurangan Ubuntu dari perspektif yang saya lihat dan pengalaman pribadi saya dalam menggunakan Ubuntu. Semoga dapat bermanfaat.