Persamaan dan Perbedaan dari cPanel dan WHM | Warung Internet

Persamaan dan Perbedaan dari cPanel dan WHM


Hai sobat WarungInter.net kali ini admin akan berbagi cerita tentang Persamaan dan Perbedaan cPanel dan WHM, karena masih banyak yang belum mengetauinya, oke langsung saja cekidot 

Persamaan cPanel dan WHM
cPanel dan WHM merupakan perangkat lunak yang membuat hidup lebih mudah bagi penyedia webhosting dan pemilik situs web yang mereka layani.
cPanel dan WHM sendiri bisa diartikan sebagai Penghubung program-program website dengan web hosting.

Kegunaan Cpanel dan WHM
cPanel

Baca kegunaan cPanel

WHM 

Pengelola webhost (WHM) memberikan penyedia hosting dengan antarmuka grafis untuk mengelola setiap account di server. atau WHM dapat disebut juga sebuah halaman web yang digunakan untuk memanage layanan-layanan atau fungsi reseller, dan untuk administrator WHM juga digunakan untuk memanage semua website yang ada pada server hosting.

Melalui WHM pengguna dengan level akses tertentu diizinkan menggunakan fungsi untuk memanage domain-domain yang terhosting disana, misal untuk memanage quota bandwidth dan diskspace untuk masing-masing domain yang telah di tambahkan ke hosting, termasuk untuk menambah, mengedit dan menghapus domain di hosting.

Saat kita menambah domain melalui WHM, maka setiap domain tersebut akan memiliki account cpanel yang berbeda-beda, satu domain (yang ditambahkan ke hosting melalui WHM) satu account cpanel.

Dengan WHM software, manajer dapat mengkonfigurasi service, deployment paket, kontrol DNS dan konfigurasi FTP, account, pengaturan keamanan,
dan banyak lagi.

Perbedaan cPanel dan WHM
cPanel digunakkan untuk mengatur sebuah website sedangkan WHM digunakkan untuk mengatur beberapa atau banyak website dan juga untuk mengatur hosting servernya sendiri (khusus untuk admin hosting). Pengguna yang menghostingkan domain akan membutuhkan cpanel untuk memanage bermacam-macam aspek pada website mereka. maka bermunculan lah di jasa hosting untuk Reseller (pengguna dengan paket hosting lebih dari satu domain) dan perusahaan web hosting akan menggunakan WHM untuk mengatur banyak domain (menambah, menghapus dan memodifikasi domain serta fungsi lainnya), tapi bukan untuk memanage pengaturan secara individu masing-masing domain.

Jadi cpanel dan WHM adalah sebuah kombinasi yang sangat bagus untuk memanage sebuah web hosting. Dengan antarmuka yang user friendly dan cukup sederhana sehingga memudahkan kita untuk mengatur sistem web hosting tanpa harus memiliki keahlian dan pengetahuan seputar antarmuka UNIX atau LINUX command line.

Oke mungkin cukup dari admin :) semoga setelah membaca artikel diatas sobat mengerti apa itu cPanel dan apa itu WHM hehee

-----SHARE THIS POST-----

Subscribe to receive free email updates: