Cara Membuat Live Chat Tawk.to Di Website

Sebelumnya admin pernah berbagi cara tentang membuat live chat dengan fanspage, namun karena live chat fanspage tidak berinteraksi secara langsung oleh admin website tersebut, banyak para blogger ataupun internet marketing berpikir ulang supaya dapat berinteraksi langsung dengan pengunjung / pembeli.

Banyak sekali pilihan aplikasi live chat yang dapat ditampilkan di blog sobat baik yang dapat berinteraksi langsung antara admin dan pengunjung ada juga yang tidak berinteraksi secara langsung, mulai dari yang gratis sampai berbayar. Salah satu Aplikasi LIve Chat yang dapat berinteraksi secara langsung antara pengunjung dan admin adalah Tawk.to, Tawk.to sendiri ada yang free dan premium. Kalo sobat memilih premium sobat dapat mengcustom 'Powered By tawk.to' menjadi nama blog / usaha sobat, tapi tenang saja karena fitur yang gratis juga tak kalah keren kok dari yang premium.

Penasaran dengan Tawk.to ini?? dan sobat ingin memasangnya di website??
Oke admin akan membagikan tutorial cara pembuatan Live Chat menggunakan Tawk.to di website, perhatikan dengan benar dan teliti.

1. Sobat pergi ke website tawk.to, kemudian isi data sobat dan pilih sign up.



2. jika sobat sudah menekan tombol sign up, silahkan cek email yang tadi didaftarkan, kemudian konfirmasi pendaftaran.


3. Dibagian ini sobat bisa pilih bahasa yang digunakan didashboard tawk.to nantinya.




4. Masukan Detail Blog / Website sobat




5. Pada bagian Admin atau Agent, masukan e-mail yang ingin sobat daftarkan dan sesuaikan rolenya, Nantinya Admin atau Agent dapat berinteraksi dengan pengunjung website sobat, Kemudian Skip.





6. Sobat nantinya akan masuk ke dashboard Tawk.to, pada bagian sidebar kiri pilih Admin dan Copy script yang ada di bawah </> Widget Code




7. Bila Blog / Website sobat menggunakan Wordpress, sobat dapat mempaste scriptnya di Appearanse -> Editor -> Cari file header.php / footer.php taruh paling akhir.
Namun bila sobat menggunakan platform Blogspot silahkan pilih tata letak di sidebar kiri sobat -> Tambahkan Gadget -> pilih HTML/JavaScript -> kemudian pastekan script yang tadi sobat copy.

8. Dan lihatlah blog sobat, ada kan sekarang live chat nya??

Contoh interaksi langsung antara Admin dan pengunjung

a. pengunjung melakukan Chat



b. masuk notif di dashboard admin, kemudian silahkan pilih, admin mana yang akan membalas / berinteraksi secara langsung oleh pengunjungnya itu.



c. otomatis live chat kamu yang tadi keterangnya online/offline/dll berubah menjadi SIte Admin yang join tadi.




d. kemudian admin membalas chat pengunjungnya itu.



Untuk dapat membalas chat pengunjung, sobat harus ke website tawk.to atau install tawk to tersebut di Desktop / Android / Iphone sobat. Meskipun agak ribet dikit tapi hasilnya bagus ko.

Itulah tutorial cara memasang Live Chat Tawk.to di blog atau website sobat, terima kasih telah berkunjung ke website ini. Bila masih ada yang kurang paham silahkan bertanya di kolom komentar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel