Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Versi PHP Yang Sedang Digunakan

Cara Mengetahui Versi PHP Yang Sedang Digunakan - Perkembangan IT begitu update dengan cepat, jika tertinggal sedikit saja, pasti kita akan banyak tertinggal informasi. Begitu pula dengan bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh para programmer yakni PHP: Hypertext Prepocessor atau yang biasa disebut juga dengan PHP.

Sekarang bahasa pemrograman PHP sudah versi 7. Namun banyak juga para developer masih menggunakan PHP versi 5 untuk project nya. Bagi pemula mungkin juga masih banyak yang mempelajari PHP versi 5 ini karena kurang pengetahuan versi berapa yang ia gunakan.


Cara Mengetahui Versi PHP Yang Sedang Digunakan

Sebagian dari kita mungkin tidak terlalu mempikirkan sebenarnya php yang kita gunakan itu versi berapa. Namun tak ada salahnya untuk mencari tahu bagaimana Cara Mengetahui Versi PHP yang Sedang Digunakan. Sangat mudah banget kok caranya, kita bisa mengetahuinya melalui script PHP berikut ini.

 <?php phpinfo(); ?> 


1. Buat folder di dalam xampp -> htdocs -> folder bebas

2. Kemudian di dalam folder bebas buat file info.php dengan kode script yang disediakan di atas

3. Kemudian jalankan di web browser kamu, localhost/folder bebas

Mengetahui Versi PHP Yang Sedang Digunakan

4. Nantinya akan muncul tampilan seperti gambar di  atas

5. Jika kita lihat dari gambar di atas, PHP yang terdapat di xampp saya menggunakan PHP Versi 7

Pengalaman dari saya waktu membuat project menggunakan PHP versi 5 dan di jalankan di PHP 7 project saya malah tidak berjalan, karena banyak fungsi yang telah di perbaharui dan tidak suport di PHP 7

Oke sekian dari saya, semoga artikel ini bermanfaat buat kalian yang membancanya.