6 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menggunakan HR Software

Di era yang semakin maju ini, tentu dibutuhkan teknologi yang dapat membantu meringankan pekerjaan dalam suatu perusahaan. Dengan demikian, perusahaan akan lebih mudah dalam bekerja serta dapat memfokuskan pada pengelolaan bisnis perusahaan agar dapat berkembang dengan lebih pesat. HR software dapat menjadi pilihan perusahaan untuk membantu meringankan pekerjaan HRD yang biasanya berhubungan dengan administrasi serta pengelolaan gaji yang tentunya rawan oleh kekeliruan bila dilakukan secara manual. Hal ini tentu dapat merugikan perusahaan.

Hal Yang Harus Dilakukan HRD sebelum Menggunakan HR Software

HR software merupakan suatu aplikasi yang berfungsi untuk membantu HRD dalam suatu perusahaan untuk mengelola data informasi karyawan dan membantu mengelola sistem payroll untuk karyawan perusahaan. Dengan adanya HR software, perusahaan dapat berjalan dengan lebih cepat dan tepat serta mudah. Sangat efisien bukan?

Dalam HR software terdapat beberapa fitur yang biasa dibutuhkan oleh HRD seperti perhitungan payroll atau gaji karyawan, pajak pph 21, gaji bonus dan gaji lembur, uang transportasi, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih HR software :

1. Memilih yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan

Ada berbagai fitur yang dimiliki oleh suatu software HR. Fitur-fitur ini dapat memudahkan pekerjaan tim HR. Namun akan lebih baik bila software yang dipilih disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Fitur utama yang dapat memberikan efisiensi waktu dan paling krusial menjadi pilihan yang paling utama dalam memilih software.

2. Keamanan data terjamin

Pilihlah HR software yang memiliki keamanan data terjamin. Dengan adanya keamanan data yang terjamin, data-data perusahaan seperti data karyawan maupun data keuangan perusahaan akan aman dari tangan-tangan tak bertanggung jawab.

3. Aplikasi mudah dipelajari

HR software yang mudah dipelajari akan sangat membantu karyawan dalam memahami serta mengoperasikannya dan tentunya juga aplikasi yang mudah dipelajari tidak membutuhkan waktu lama untuk dipelajari. Dengan demikian, karyawan akan dapat langsung mengoperasikannya.

4. Biaya Investasi

Biaya investasi dalam pembelian atau pembuatan HR software tentulah menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan karena berhubungan dengan keuangan perusahaan. Apabila biaya yang perlu dikeluarkan untuk membeli atau membuat HR software terjangkau, perusahaan tentu tidak akan mengeluarkan biaya yang banyak sehingga dapat menghemat pengeluaran keuangan perusahaan.


5. Pertumbuhan Perusahaan

Tim HR tentu harus memiliki planning untuk kedepannya agar dapat mengatur kebijakan ketenagakerjaan. Karena harus mengarah ke masa yang akan datang, HR software harus dapat membantu menyelesaikan masalah yang mungkin ada kedepannya. Hal ini dapat dibantu juga dengan adanya sistem cloud yang dapat menyimpan data dengan praktis. Dengan demikian, pertambahan data ataupun pengurangan data yang ada dapat mudah diatur dalam HR software.

6. Kesiapan Internal

Setelah mempertimbangkan berbagai aspek untuk HR software. Tentulah akan condong kepada suatu produk HR sotware. Dalam hal ini, kesiapan internal perusahaan juga menjadi pertimbangan. Seperti siapa saja yang berhak mengakses lalu tidak pula juga dengan memberikan pengarahan untuk karyawan agar dapat menggunakan HR software.

Ikuti beberapa hal yang harus dilakukan sebelum menggunakan HR software. Kami merekomendasikan LinovHR untuk menjadi Software HRD Anda. LinovHR saat ini menjadi penyedia HR software terbaik di Indonesia karena berbagai fitur serta keunggulannya.

Hal ini karena platform LinovHR juga memiliki banyak modul dan fitur yang mendukung tim HRD bekerja efektif dan efisien. Meliputi sistem payroll, absensi, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, data karyawan hingga perhitungan PPH 21 dan tunjangan maupun benefit. Dengan software payroll tim HRD akan lebih fokus dalam menjalankan tugas-tugasnya karena tugas HR yang berat seperti payroll dan hal lainnya telah terselesaikan secara otomatis oleh software hrd.

Tunggu apalagi, coba gratis sekarang juga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel