Cara Membuat Mail Merge dari Excel ke Word

Artikel yang saya buat ini masih lanjutan dari artikel sebelumnya tentang cara membuat mail merge di microsoft word. Tips kali ini mengenai cara membuat mail merge dari excel ke word. Maksud dari membuat mail merge dari excel ke word adalah kita membuat entri datanya atau penyimpanan datanya di microsoft excel namun untuk pemanggilannya di microsoft word.

Caranya terbilang cukup mudah, perhatikan langkah-langkah berikut ini dengan baik dan benar, sehingga hasilnya sesuai dengan yang kita bahas ini. Berikut caranya.

Cara Membuat Mail Merge dari Excel ke Word

Cara Membuat Mail Merge dari Excel ke Word

Dalam kasus ini saya masih menggunakan contoh sebuah dokumen mengenai membuat surat Observasi. Bila teman-teman mempunyai dokumen yang berbeda juga tidak masalah, kita hanya tinggal memainkan logika saja atau lebih tepatnya menyesuaikan fieldnya.

1. Pertama-tama silahkan buka microsoft excel pada komputer kamu

Membuat Data Mail Merge di Excel
2. Buat entri datanya atau penyimpanan datanya dilembar kerja excel yang tadi di buka. Untuk mebuat entri datanya lihat gambar di atas.

3. Jika sudah membuatnya lalu kamu Simpan. Pastikan menyimpan dokumen excel ini satu folder dengan microsoft word sehingga memudahkan kita untuk pemanggilannya.

Surat Keterangan Observasi
4. Selanjutnya buka microsoft word kamu, kemudian silahkan membuat dokumen surat observasinya sesuai dengan gambar yang ada di atas.

5. Kemudian Pilih Tab Mailings > lalu klik Select Recipients > selanjutnya pilih Use an Existing List

Mencari dan pilih data excel untuk mail merge
6. Setelah melakukan perintah di atas, selanjutnya kamu cari dan pilih data excel yang tadi sudah dibuat > kemudian open > selanjutnya langsung klik OK saja pada Select Table

Pilih yang ingin dijadikan mail merge
7. Selanjutnya Pilih Tab Mailings > lalu pilih Insert Field > dan pilih field mana saja yang akan di merge

8. Jika sudah maka akan seperti gambar yang ada di atas

Hasil Membuat Mail Merge dari Excel ke word
9. Untuk melihat hasilnya silahkan Klik Preview Results dan tinggal Next/Previous Record

Sampai disini kamu telah berhasil membuat mail merge dari excel ke word, cukup mudah untuk dipahami kan toturial ini? Bila ada yang ingin di tanyakan silahkan berkomentar di kolom komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Marketplace:

Jasa & Layanan (Soon):