Pengertian Remote Desktop

Pengertian Remote Desktop

Remote Desktop adalah salah satu fitur yang terdapat di dalam sistem operasi Windows, yaitu dimulai dari Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, dan Windows Server 2008, sampai Windows 7 dan 8 yang mengijinkan penggunanya untuk terkoneksi ke sebuah mesin jarak jauh seolah-olah mereka duduk di depan mesin yang bersangkutan.

Jadi sesuai dengan penjelasan di awal, dengan remote desktop, kita dapat membuka “desktop” komputer lain seolah-olah kita sedang di depan komputer tersebut.
Sederhananya, RDP bisa kita gunakan untuk mengendalikan komputer mengggunakan kontrol melalui keyboard dan mouse.

Penjelasan singkat tentang apa itu RDP diatas saya rasa sudah cukup menjelaskan pengertian RDP, selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara menggunakan RDP pada Windows 7, 

Cara menggunakan RDP pada Windows 7

Untuk  cara remote desktop windows 7 jarak jauh anda bisa simak tutorial lengkapnya !!

1. Pertama anda buka  Windows Explorer atau dengan menggunakan kombinasi keyboard yaitu dengan menekan (Logo Windows + E).

2. Selanjutnya anda Klik Kanan di “Computer” dan pilih “Properties”

3. Selanjutnya anda Klik Tab Remote. Kemudian di  bagian Remote Destop .  jangan lupa anda centang pada tulisan “Allow users to connect remotely to this computer”. Jika sudah di centang anda Klik Apply lalu Klik OK.

*Settingan yang tertera di atas berlaku di semua komputer atau laptop yang akan di lakukan remote (host/clientnya). Jika anda ingin melakukan remote (host/client) anda harus mengetahui hostname/ip komputer berserta user name komputer tersebut (Lokal) , oh ya komputer atau laptop client juga anda harus beri pasword.

4. Jika anda sudah melakukan di atas, sekarang waktunya anda remote desktop.

5. Caranya dengan membuka menu Start > All Programs > Accessories > Communications> Remote Desktop Connection. Atau denga membuka  Run, selanjutnya anda ketikkan perintah “mstsc”

6. Anda di haruskan untuk mengisi alamat ip komputer yang akan anda remote (client), username dan password. Kita contoh di atas yaitu “PUSINTEKPC2-36” yang merupakan hostname dan “pusintek” merupakan username dari komputer client yang akan di remote. Jika anda sudah setting dengan benar selanjutnya anda Klik Connect.

7. Finish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel