Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi SPAM Di Facebook

Apa itu SPAM? Spam adalah aktifitas yang dilakukan bot/robot untuk menghubungi orang secara berulang-ulang dengan konten yang tidak diinginkan. Jadi intinya ada oknum seseorang yang memanfaatkan akun milik kita untuk keperluan si spammer "tanpa sepengetahuan kita".

Penyebab Facebook Terkena SPAM

Ada banyak penyebab yang memungkinkan suatu akun Facebook terkena SPAM, diantaranya :
  • Phishing
  • Malware
  • Sharebaiting
  • Self-XSS
  • Clickjacking
  • Pencuri Access token
  • Aplikasi Palsu

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Sementara Akun Facebook dan Twitter Lengkap Dengan Gambar 

Bagaimana Cara Bekerja Virus Spam di Facebook???

Facebook merupakan sebuah situs jejaring sosial yang di gunakanan untuk berbagi hal hal yang menyenangkan dengan teman, sahabat, atau keluarga.

Sungguh disayangkan jika ternyata FB yang kita gunakan mengirimkan sesuatu ke dinding orang lain, atau mengirim pesan ke inboks orang lain mengatasnamakan anda. Sedangkan anda sendiri merasa tidak melakukan itu. Tentu anda merasa tidak enak jika yang dikirim melalui FB anda adalah sesuatu yang tidak pantas, misalkan merujuk ke suatu link, mengirimkan gambar atau hal lainnya. Hal ini sudah biasa terjadi di facebook akhir-akhir ini.

Untuk mengatasinya, tak ada salahnya mencoba tips ini. Sebelumnya, cara ini saya temukan di binushacker.net. Awalnya , saya sering melihat fb teman-teman saya mengirimkan sesuatu ke fb saya. Ketika di Konfirmasi ternyata dia tidak merasa mengirimkannya. Beruntung bagi saya tidak sempat membuka link tersebut, hehe.

Sebelumnya, bahas sedikit tentang virus spam phising dulu. Kata Phising sendiri merupakan plesetan dari kata Fishing yang artinya memancing. Phising yaitu cara seseorang (hacker) untuk memancing si korban untuk membuka suatu link atau dengan mengklik saja otomatis akun kita telah terinfeksi. Atau dengan merujuk ke suatu link,kemudian meminta kita untuk memasukkan email dan password.

Biasanya hal ini dilakukan untuk mencuri data orang yg telah mereka jebak. Link ini akan dibuat seperti link aslinya sehingga kita mudah percaya. Hati-hati, jangan sampai begitu mudah tertipu. Teliti dulu sebelum mencoba, terutama URL nya. Jika linknya bukan dari facebook, sebaiknya jangan diisi email dan password anda karena itu bukan link facebook asli. perhatikan selalu linknya. Atau mungkin Facebook anda mengirimkan spam seperti spam " autolike " atau spam "autocoment" ini, atau komen otomatis (orang bilang robot komen).

Apakah akun saya juga kena SPAM?

Untuk yang tidak tau bahwa akunnya aman atau tidak, silahkan pastikan terlebih dahulu dengan cara melihat Login History disana akan terlihat browser apa saja yang dipake Facebook kita, atau dengan cara lain yaitu memantau aktifitas akun kita di Facebook silahkan klik Log Aktifitas, Lalu lihat apakah ada aktifitas mencurigakan, contohnya :
  • Membuat Catatan,
  • Membuat Peristiwa Penting,
  • Meng-Upload Photo,
  • Menandai teman
  • dll
(Lihat waktu aktifitasnya) Jika anda tidak merasa melakukan aktivatis pada jam dan waktu tertentu maka selamat facebook anda terkena SPAM

Cara Mengatasi Akun Facebook Dari SPAM

1. Login Facebook

2. Masuk ke Pengaturan teruh pilih Aplikasi

3. Hapus aplikasi yang menurut kamu mencurigakan dan tidak digunakan. Caranya klik tanda x lalu Hapus pada bagian kanan aplikasi.


Cara Mengatasi Akun Facebook Dari SPAM

Baca Juga : Cara Mengatasi SPAM Di Instagram

Dengan cara tersebut, akun Facebook sudah terbebas dari Aplikasi SPAM,