Fungsi dan fitur OrangeHRM

Fungsi dan fitur OrangeHRM


Pengertian Orange HRM :
 Adalah suatu aplikasi yang  mengarah pada Human Resource Management (HRM) atau suatu aplikasi yang berfungsi sebagai pengelola manajemen sumber daya pada suatu perusahaan. Dan juga adalah suatu sistem informasi sumber daya yang free atau bebas digunakan yang berbasis web dan open source. Di dalam OrangeHRM juga terdapat kelengkapan modul yang dapat membantu saat pengopersian aplikasi OrangeHRM. OrangeHRM ini sangat cocok digunakan untuk perusahaan kelas menengah ke bawah karena dapat mengelola sumber daya manusia dengan baik dan dari segi harga murah juga berbasis web yang dapat mudah untuk diakses sewaktu – waktu.
OrangeHRM juga yang paling populer dan digunakan software open source manajemen sumber daya manusia. Sumber terbuka OrangeHRM produknya mencakup berbagai modul yang menyediakan manajemen informasi pribadi (PIM), pelayan mandiri karyawan (ESS), manajemen cuti, waktu dan kehadiran (PTO), evaluasi kinerja dan perekrutan dan semua itu tanpa biaya. OrangeHRM sedang digunakan oleh lebih dari satu juta pengguna di seluruh dunia, sementara perusahaan multinasional besar  telah menggunakan versi open source dan disesuaikan sistem untuk memenuhi standar manajemen sumber daya manusia mereka.

Fitur – fitur yang terdapat dalam OrangeHRM yaitu
Informasi Perusahaan
Dalam fitur ini membahas tentang contohnya pengisian data-data untuk perusahaan atau juga bisa di contohkan seperti : ( nama perusahaan, alamat, email, lokasi, telepon, lokasi kantor cabang dan lain-lain).

Struktur Organisasi
Di dalam fitur struktur organisasi ini OrangeHRM mempunyai fasilitas untuk pembentukan struktur organisasi suatu perusahaan atau perkantoran sehingga suatu karyawan akan mempunyai jabatan dan pekerjaan tertentu, dan juga termasuk dalam gaji masing-masing karyawan yang menurut jabatan dan pekerjaan.

 Administrasi Data Karyawan
OrangeHRM mempunyai fitur administrasi data karyawan yang di dalamnya terdapat data data individu karyawan mulai dari nama, alamat, nomor telpon, jenis kelamin, tanggal lahir , foto, riwayat, karir, dan lain-lain. Dan juga dapat dilampirkan data tambahan dalam masing-masing file yang ada dalam data karyawan.

 Absensi Karyawan
Absensi karyawan ini berfungsi untuk mengelola daftar hadir karyawan setiap harinya dan di dalam fitur ini juga terdapat penjadwalan kegiatan kerja karyawan yang di monitori oleh direktur atau atasan karyawan.

 Pengelola Cuti
Pengelola cuti ini juga terdapat dalam OrangHRM. Misalkan pengajuan cuti, pembatalan cuti, pengambilan cuti, sisa cuti ataupun perhitungan dari sisa cuti yang telah di ambil oleh karayawan suatu perusahaan tertentu.

Jaminan Sosial
Jaminan Sosial ini juga ikut melengkapi dari fitur OrangHRM yaitu yang berfungsi sebagai pengelolaan jamsostek untuk karyawan perusahaan. Juga bentuk-bentuk benefit yang dapat digunakan oleh karyawan lain dan dikonfigurasikan sendiri sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Rekruitmen
Di dalam fitur ini yaitu untuk memberi informasi lowongan pekerjaan bagi semua orang pada saat perusahaan membutuhkan karyawan baru. Mnafaat dari fitur ini juga terdapat dari pelamar pekerjaan dengan seorang manajer karena bila saat ada seorang yang melamar pekerjaan maka akan ada pemberitahuan di email manajer. Sehingga manajer dapat langsung menentukan jadwal interview atau persyarata-persyaratan sesuai kebutuhan prosedure perusahaan. Kemudian pelamar pun akan mendapatkan email balasan dari direktur perusahaan yang di dalamnya berisi informasi untuk calon karyawan.

Pembuatan Laporan dan Pencarian Data
Berfungsi untuk membuat laporan karayawan sesuai dengan field data yang dikehendaki sesuai dengan keperluan masing-masing karyawan. Dan juga terdapat fitur untuk pencarian karyawan dengan cepat yang dapat menggunakan dengan ID_karyawan, nama_karyawan ataupun jabatan.

Entri data oleh semua orang dengan otorisasi terkendali
Dalam fitur ini dapat dilakukan dengan mengisikan data yang akan di inputkan ke dalam data-data perusahaan. Dalam proses penginputan terdapat tiga batas dan wewenang masing-masing atau juga bisa disebut dengan hak akses. Wewenang dan batas yaitu seperti di bawah ini :
Administrator System (Admin User)
Yaitu orang yang menduduki otorisasi paling tinggi sehingga dia dapat merubah semua data atau system yang ada dalam perusahaan tersebut. Biasanya jabatan ini diduduki oleh seorang manajer perusahaan.
Admin User Group
Dalam admin user group ini hanya dapat menginputkan data-data tertentu dari sebuah sistem atau contohnya suatu supervisor yang bertugas dalam absensi, cuti, jadwal, pekerjaan dll.
Employee Self Service
Fitur ini memungkinkan karyawan dalam mengisikan data sebatas wewenang karyawan tersebut. Hal yang lain yang dapat dilakukan oleh karyawan dalam fitur ini yaitu dapat membuat pengajuan cuti, pembatalan cuti, pembuatan jadwal mingguan dan lain-lain.

Di dalam OrangeHRM juga terdapat sebuah referensi modul-modul yang berdasarkan arsitektur modular yaitu :
1. Modul admin
2. Modul PIM
3. Modul ESS(Employee Self Service)
4. Modul Cuti (Leave Module)
5. Modul Waktu Kerja (Time Module)
6. Modul Laporan (Report Module)
7. Modul Pelacak BUG (Bug Tracking Module)
8. Modul Rekrutmen (Recruitment Module)

Kelebihan OrangHRM deibandingkan dengan Reosurce Management lain :
1. Dapat digunakan dengan operating system Windows dan Linux.
2. Fitur yang ada dalam OrangeHRM bisa dibliang lebih lengkap dan dapat memudahkan penggunaan dengan lebih efisien.
3. Terdapat modul modul yang berfungsi untuk membantu dan memudahkan cara kerja dari OrangeHRM.
4. Aplikasi OrangeHRM ini bersifat open source.
5. Dalam menggunakan OrangeHRM tidak perlu mengeluarkan atau menguras banyak biaya karena aplikasi ini gratis.
  

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel