Samsung Gear VR Siap Gegerkan Indonesia

WarungInter,net - Tahun ini diprediksi menjadi awal lahirnya trend perangkat berteknologi virtual reality khususnya Untuk Samsung yang telah meluncurkan produknya yang bernama amsung Gear VR. Perangkat buatan ini siap memberikan pengalaman berbeda dalam menikmati konten multimedia, baik itu Movie, galeri, ataupun game.

Perangkat ini merupakan hasil kerjasama antara Samsung dan Oculus dalam mengembangkan perangkat veritual reality super canggih yang nantinya dapat terhubung ke smartphone Samsung. Namun Virtual Riality ini sayangnya hanya dikhususkan untuk smartphone buatan Samsung saja yang nantinya bisa terhubung ke Gear VR.

Kompatibilitas Samsung Gear VR memang terbatas pasalnya hanya mendukung smartphone Samsung dikelas premium, seperti Galaxy Note 5, Galaxy S6, Galaxy S6 Edge dan Galaxy S6 Edge+. Keterbatasan inilah yang menjadi kelemahan Samsung Gear VR, padahal banyak sekali pecinta gadget yang ingin merasakan teknologi virtual reality lebih canggih dibandingkan mereka memakai Google Cardboard ataupun perangkat lainnya.

Pertama-tama mari kita berbicara mengenai desain. Seperti yang terlihat diatas, desain Samsung Gear VR memang terlihat bongsor, karena secara keseluruhan perangkat virtual reality ini memiliki ukuran dimensi 201.9 x 116.4 x 92.6 mm dan beratnya mencapai 318 gram

Namun sebenarnya ukuran Gear VR sudah mengalami penyusutan dibandingkan generasi sebelumnya, dimana sebelumnya Samsung telah menciptakan 2 varian, yang pertama versi First Innovator Edition untuk Galaxy Note 4, dan yang kedua versi Second Innovator Edition.

Untuk versi yang kedua telah dirilis Samsung pada bulan maret 2015 dan dikhususkan untuk Galaxy S6, dan Galaxy S6 Edge. Nah yang dijual di Indonesia adalah versi yang terbaru, yakni versi Consumer Edition yang telah resmi dipasarkan secara global pada bulan November 2015. Menariknya, harga Samsung Gear VR terbaru ini dibanderol lebih murah dibandingkan versi Innovator Edition, sehingga semakin banyak orang yang bisa merasakan kecanggihan perangkat virtual reality ini.

Cara penggunaanya Anda perlu memasukan smartphone Samsung ke slot yang tersedia di sisi depan Samsung Gear VR. Nantinya layar smartphone lah yang akan menampilkan setiap konten yang tersedia pada Gear VR. Menariknya, pada sisi samping Gear VR telah disediakan sebuah touchpad sebagai navigasi ketika anda bermain game, ataupun berpindah dari satu menu ke menu lainnya. Inilah yang menjadi kelebihan Samsung Gear VR, karena perangkat virtual reality lainnya rata-rata tidak memiliki touchpad.

Cara kerja Samsung Gear VR hampir sama dengan Google Carboard,
hanya saja anda perlu menyambungkan smartphone yang dipakai ke port microUSB yang tersedia pada Gear VR.

Dilansir dari website resmi Samsung, di dalam Gear VR juga disediakan beberapa sensor pendukung, berupa Gyro, Accelerometer, dan Proximity. Semua sensor tersebut akan mendukung kinerja Gear VR dalam membuka konten virtual reality, seperti video 360, photo 360, ataupun film 3D. Tak hanya itu saja, Samsung juga menyediakan beberapa aplikasi dan game yang dibuat khusus untuk Samsung Gear VR.

Bagi anda yang belum terbiasa memakai Samsung Gear VR mungkin akan merasa sedikit pusing dan mual-mual. Terlebih ketika bermain game virtual reality yang bergerak cepat, seperti Temple Run VR ataupun game menarik lainnya. Tak hanya diperuntungkan untuk bermain game, Samsung juga menyediakan berbagai aplikasi yang mendukung perangkat virtual reality, seperti YouTube, Twitch, Netflix dan Vimeo. Selain itu, tersedia pula Oculus Store yang berisi berbagai aplikasi VR baik yang berbayar ataupun gratisan.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel