Cara Copy CD Lagu/Musik Ke Komputer Atau Laptop

Karena media penyimpanan CD tidak reliable (bisa rusak sewaktu-waktu) maka dari itu sebaiknya kita melakukan copy CD lagu/musik original ke komputer atau laptop. Admin sering mengalami CD tidak terbaca karena gores dan hal-hal lainnya.

Ada pertanyan yang sering ditanyakan seseorang dalam hal ini. Pertanyaan tersebut berbunyi “Apakah mengcopy CD lagu di izinkan, bukan kah mengandung Hak Cipta?”.

Dari sisi hukum proses copy CD lagu/musik (Istilah tren nya CD-Ripping) untuk pemilik dan hanya digunakan sendiri itu diperbolehkan dan legal.

Biasanya format CD lagu/musik original berbentuk file .CDA (CD Audio Track). File denga jenis ini tak dapat di copy dengan Windows Explore.

Oke tanpa banyak basa-basi berikut cara untuk copy CD lagu/musik original ke komputer atau laptop tanpa install software khusus dengan hanya memanfaatkan bawaan windows yakni program Windows Media Player.

1. Masukan CD Lagu/Musik Original Ke CD-ROM Drive
Ketika CD lagu/musik tersebut dimasukkan ke dalam CD-ROM Drive biasanya secara otomatis Windows Media Player akan terbuka/tampil


Jika sudah muncul tampilan seperti diatas, kamu klik Switch To Library (tepat dibawah tombol close atau lihat panah diatas).

2. Pastikan CD Lagu/Musik Aktif
Coba double klik pada Drive CD Lagu/Musik yang ada di sebelah kiri.
Jika sudah aktif maka daftar isi CD lagu/musik akan tampil di layar sebelah kanan seperti pada gambar diatas.

3. Membuka Menu Options
Kemudian klik Rip Setting dan pilih More Options.

4. Setting Lokasi Penyimpanan, Format dan Kualitas
Dari menu options yang kita pilih di Langkah No.3, kita setting terlebih dahulu lokasi tempat penyimpanan file lagu/musik yang kita akan masukkan ke dalam Laptop/Komputer. Kita juga dapat memilih format file nya, serta kualitas yang dihasilkan file tersebut. Tekan tombol OK untuk menyimpannya.

5. Proses Copy CD Lagu/Musik
Dari menu diatas, kamu klik Rip CD dan tunggu hingga proses copy CD Lagu/Musik nya selesai.

6. Hasil Copy CD Lagu/Musik

Demikian tutorial cara untuk copy CD lagu/musik original ke komputer atau laptop tanpa install software khusus dengan hanya memanfaatkan bawaan windows yakni program Windows Media Player

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel