Pengganti Google Submit URL Yang Hilang

Bagi blogger menggunakan fitur google submit url untuk mempercepat di indexnya artikel terbaru yang dibuat di blog itu merupakan hal yang biasa. Hal ini dilakukan agar artikel yang sudah dipublish dengan cepat terbaca atau dikenali oleh mesin pencarian google.

Biasanya untuk mengakses halaman google submit url kita dapat langsung mengunjunginya dengan alamat https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url, jika kamu sudah mengaksesnya, kamu akan melihat satu kontak inputan dimana kamu harus memasuki url artikel terbaru yang baru di publish di blog kamu, kemudian klik button Submit.

Pengganti Google Submit URL
Di akhir tahun 2018 ini, halaman google submit url tersebut tidak dapat digunakan lagi untuk mempercepat pengindexan. Namun kita masih bisa mengakses link yang tersedia di atas dan isi tampilan dalam halaman tersebut berupa teks beserta link yang menyarankan kita untuk mengirim peta situs dan meggunakan fetch as google. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar yang tersedia di atas.

Meskipum google submit url sudah tidak bisa digunakan lagi, kamu dapat menggunakan alternatif lain untuk mempercepat proses index artikel kamu. Disini saya akan menjelaskan pengganti google submit url yang hilang dengan 2 Cara agar artikel kamu cepat terindex. Berikut langkah-langkahnya:

1. Menggunakan Fetch As Google (versi webmaster lama)

Pengganti google submit url yang pertama adalah dengan bantuan Fetch As Google. Fetch As Google itu sendiri merupakan salah satu fitur yang terdapat di dalam webmaster tools, fungsinya untuk membantu proses pengindexan artikel yang telah di publish di pencarian google. Berikut caranya:

-  Masuk ke halaman google webmaster tools (pastikan kamu sudah mendaftar blog ke webmaster tools)

- Silahkan pilih blog yang artikelnya ingin di index

Fitur Fetch As Google
Fitur Fetch As Google

Fetch As Google
Submit URL

- Kemudian pada sidebar kiri pilih menu Crawl -> lalu pilih Fetch as Google -> kemudian silahkan masukan url artikel yang ingin cepat terindex (tanpa nama blog, sebagai contoh : https[:]//www[.]warunginter[.]net/2018/11/cara-membuat-efek-bayangan-panjang-di-coreldraw.html. Kamu hanya perlu mengisi Fetch As Google dengan 2018/11/cara-membuat-efek-bayangan-panjang-di-coreldraw.html).

- Jika sudah memasukkan url artikelnya, terdapat 2 tombol yang tersedia, tombol Fetch dan Fetch And Render
Fungsi kedua tombol di atas hampir sama, sama-sama bertujuan untuk menginformasikan kepada google bahwa ada halaman yang harus di recarwl ulang untuk selanjutnya di index oleh mesin pencari google. Namun yang membedakan, Fetch and Render melakukan perayapan menyeluruh terhadap website tersebut, termasuk sumber daya yang menyusun halaman website itu juga dirayapi misalkan saja seperti CSS, Javascript, dll.

- Sebagai contoh disini saya akan menggunkan Fetch saja

Proses Request indexing di webmaster tools

- Kemudian silahkan pilih Request Indexing

Proses Request indexing di webmaster tools

- Nantinya akan muncul tampilan seperti gambar di atas ini, silahkan ceklis saya bukan robot dan silahkan pilih salah satu Crawl only this Url atau Crawl this URL abd it;s direct links
Jika ingin melakukan crawl hanya untuk url yang kita masukan saja dengan kata lain jika terdapat link didalamnya, google bot tidak akan merapi itu, maka pilih memilih Crawl only this Url.  Jika didalamnya terdapat link dan google bot ingin merayapi link tersebut. Maka pilih Crawl this URL abd it;s direct links.


- Disini saya memilih Crawl only this Url dan tekan Go

Baca Juga: Ubah Permalink Blogger Tanpa Kehilangan Traffik

2. Menggunakan fitur URL Inspection di google search console (versi webmaster terbaru)

Pengganti google submit url yang kedua adalah dengan bantuan google search console. Sebagian blogger masih belum menyadari kalo google search console dapat mempercepat di indexnya artikel yang baru di publish. Berikut caranya:

- Masuk ke halaman google search console
Jika blog kamu sudah pernah didaftarkan ke google webmaster maka secara otomatis akan langsung masuk ke dashboard/overview

URL Insxpection

- Lalu klik menu URL Inspecttion di sidebar kiri-> Kemudian silahkan masukan url artikel terbaru kamu di pencarian, lalu tekan Enter

Request indexing di google search console

- Jika artikel belum terindex maka akan muncul pemberitahuan bahwa URL is not on Google -> Kemudian pilih REQUEST INDEXING

Proses Request indexing di google search console

- Silahkan buat Kopi terlebih dahulu, karena proses pengidexan memakan waktu 1-2 menit

Proses Request indexing di google search console berhasil

- Jika sudah selesai maka akan muncul notifikasi proses REQUEST INDEXING berhasil -> Kemudian silahkan pilih GO IT pada notifikasi tersebut

Artikel belum terindex
Sebelum Terindex Google
Setelah Terindex Google
Setelah Terindex Google

- Dan sampai disini kamu sudah berhasil membuat artikel yang sudah di publish terindex. Silahkan cek di pencarian google site:https://www.warunginter.net/2018/12/cara-transfer-pulsa-tri.html
Ganti link di atas dengan link artikel kamu

Baca Juga: Cara Membuat Meta Tag Deskripsi Pada Blogger

Itulah pengganti Google Submit URL yang perlu kamu coba, agar artikel yang kamu publish cepat terindex oleh mesin pencari google. Oke sekian dari saya semoga bermanfaat artikel ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel