Cara Mengetahui Versi Wordpress Yang Digunakan

Kamu perlu mengetahui versi WordPress yang digunakan. Informasi ini cukup penting kamu ketahui agar kamu tidak menemui masalah ketika menginstal template maupun plugin baru. Pasalnya, ada template ataupun plugin yang tidak singkron dengan versi wordpress terbaru. Berikut warunginter.net sajikan 3 cara mengetahui versi wordpress yang sedang digunakan.

Cara Mengetahui Versi WordPress Yang Digunakan

Cek Versi Wordpress Melalui Dashboard Admin

Cara paling mudah untuk mengetahui versi wordpress yang digunakan adalah dengan melalui dashboard admin wordpress. Kamu hanya perlu login, kemudian pilih menu Dashboard > Updates. Pada halaman ini kamu dapat menemukan informarsi mengenai versi wordpress yang sedang digunakan, jika wordpress kamu belum menggunakan versi terbaru, terdapat perintah untuk mengugradenya, tapi pastikan sebelum upgrade di backup terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga : 10+ Plugin Security Terbaik Untuk Wordpress

Cek Versi Wordpress Melalui File version.php

Cara kedua untuk mengetahui versi wordpress yang digunakan adalah dengan mengecek file version.php melalui cPanel hosting website kamu atau melalui FTP Client. Berikut caranya melalui cPanel:

1. Pastikan kamu sudah login ke cPanel hosting web kamu

2. Pilih File Manager di FILES

3. Buka direktori instalasi WordPress (biasanya berada di public_html) dan pilih folder wp-includes

Cara Mengetahui Versi Wordpress Yang Digunakan melalui versiondotphp
4. Cari dan buka file yang bernama version.php. File ini memuat WordPress versi terbaru yang digunakan. Informasi tersebut terletak pada baris 7.

Baca Juga: Cara Downgrade Versi Wordpress Dengan Mudah

Cek Versi Wordpress Melalui Page Source

Cara terakhir untuk melihat versi wordpress yang digunakan adalah dengan melalui meta tag HTML, namun cara ini tidak semuanya berhasil, apabila kamu tidak dapat melihat tag tersebut, artinya template yang digunakan telah menyembunyikannya. Hal ini baik untuk menjaga supaya website tersebut tetap aman. Berikut cara mengetahui versi wordpress melalui page source:

1. Posisikan kamu telah membuka tab website tersebut

Cara Mengetahui Versi Wordpress Yang Digunakan melalui page source
2. Kemudian klik kanan pada web tersebut > lalu pilih View Page Source (jika ingin cepat tekan Ctrl + U)

3. Silakan tekan tombol CTRL + F atau Command + F > ketik generataor

Itulah tiga cara mengetahui versi WordPress yang digunakan, melalui admin area, file version.php dan page source. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel