Cara Downgrade Versi Wordpress Yang Sedang Digunakan

Cara Downgrade Versi Wordpress Yang Sedang Digunakan - Sebagai salah satu Content Management System (CMS) bersifat open source yang banyak digunakan untuk membuat website, wordpress terus melakukan pembaharuan sistemnya. Tercatat saat ini wordpress telah release di versi 5.0.3. Dibalik pembaharuan yang dilakukan wordpress, terkadang ada plugin ataupun template yang kita gunakan tidak support dengan versi wordpress terbaru. Al hasil website kita menjadi bermasalah.

Satu-satunya caranya agar plugin atau theme sinkron kembali kita harus menurunkan versi wordpress yang digunakan website tersebut. Hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan downgrade versi wordpress, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah melakukan pencegahan dengan backup secara menyeluruh di situs web kamu. Ini bertujuan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi seperti crash, break, stuck atau istilah lainnya. Untuk backupnya sendiri dapat melalui cPanel.

Setelah sudah melakukan backup secara menyeluruh, masuk ke Dashboard WordPress kamu dan non-aktifkan semua plugin yang ada agar tidak terjadi error ketika proses downgrade berlangsung. Setelah itu, langsung saja praktekkan cara dibawah.

Cara Downgrade Versi Wordpress


Cara Downgrade Versi Wordpress Yang Sedang Digunakan

Cara ini terbilang cukup mudah, karena kamu hanya cukup menginstall dan melakukan perintah sedikit saja. Oke berikut langkah-langkahnya:

1. Pastikan kamu sudah login ke dalam wordpress website kamu

Cara Downgrade Versi Wordpress
2. Kemudian silahkan install plugin WP Downgrade, setelah itu aktifkan

Baca Juga: Mengenal Hak Akses User Pada Wordpress

3. Silahkan pilih menu Setting > WP Downgrade

Cara Downgrade Versi Wordpress Yang Sedang Digunakan
Hasil Downgrade Versi Wordpress 4.9.2 sebelumnya 5.0.3
4. Pada bagian WordPress Target Version: Masukan versi yang ingin kamu gunakan, sebagai referensi silahkan tekan WP Releases untuk mengetahui lebih detailnya.

5. Jika sudah menentukan versinya, jangan lupa Save Changes

6. Setelah kamu menyimpan, langsung aja klik Update Core (kamu akan dialihkan ke halaman pembaruan, lalu Reinstall Now)

Baca Juga: Agar Kontributor Pada Wordpress Bisa Upload Media

Sangat mudah bukan cara downgrade versi wordpress yang sedang digunakan menggunakan plugin ini dibandingkan harus melakukan downgrade versi WordPress secara manual?. Pastinya  cara ini akan menyingkat waktu kamu lebih cepat.

Sedikit catatan buat kamu, misalkan cara downgrade tidak menyelesaikan masalah, sebaiknya kamu konsultasi terhadap Jasa Penyedia Hosting ataupun Jasa Template yang kamu beli.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel