Cara Embed Video Youtube Responsive di Blog

Cara Embed Video Youtube Responsive di Blog - Youtube menjadi sebuah situs video berbagi paling populer hingga saat ini. Kamu dapat mengupload video hasil karya sendiri, menonton video yang kamu suka seperti tentang games, melakukan Live Streaming ataupun menghasilkan uang dari youtube.

Selain yang saya informasikan di atas, video youtube juga bisa kita tambahkan ke dalam postingan blog/website yang kita kelolah. Tentunya ini sangat membantu pengunjung blog menjadi lebih mudah karena ada bantuan visual untuk mempraktikkannya.

Fitur yang saya maksud di atas adalah Fitur Embed Youtube. Namun secara default ukuran pada embed video youtube belum responsive alias tidak menyesuaikan ukuran body theme atau template yang kamu gunakan. Maka dari itu kita harus mengeditnya sedikit agar tampilan video youtube bisa responsive.

Cara Embed Video Youtube Responsive di Blog


Cara Mendapatkan Embed Video Youtube

Sebelum ingin membuat video youtube responsive di postingan blog, kita harus mengambil kode embed nya terlebih dahulu dari video yang ada di youtube. Cara ini terbilang mudah, kamu tidak diharuskan memiliki akun youtube terlebih dahulu. Berikut caranya.

1. Silahkan cari video yang ingin anda tampilkan di postingan blog

2. Jika sudah ketemu klik/putar video tersebut

Cara Embed Video Youtube
3. Percis di bawah tampilan video yang ada di youtube klik Bagikan > lalu pilih Embed/Sematkan

Embed Video Youtube
4. Kemudian salin dan simpan kode tersebut pada notepad komputer/laptop kamu

Cara Embed Video Youtube Responsive
5. Perhatikan width dan height pada kode embed tersebut. Silahkan ubah pada width menjadi 100% (width=”100%”). Dengan begitu video akan menyesuaikan lebar layar pada blog/website kamu. Sedangkan hight kamu dapat menyesuaikannya sendiri. Saya pribadi untuk height saya biarkan default.

Sampai disini kamu sudah berhasil mendapatkan kode embed video youtube yang akan kita tampilkan di postingan blog/website.

Baca Juga: Cara Menambahkan Tautan di Header Youtube

Cara Embed Video Youtube Responsive di Blog

Setelah mendapatkan kode embed nya sekarang waktunya memasang di postingan blog. Disini saya akan mempraktikkan di postingan blog berplatform blogspot dan wordpress. Berikut caranya.

Membuat Video Youtube Responsive di Postingan Blog pada Blogspot

1. Masuk ke akun blogger.com kamu

2. Klik Postingan > lalu tekan Entry Baru > Masukan kode embed video youtube yang sudah kamu edit di notepad tadi (lihat nomor 5 pada Cara Mendapatkan Embed Video Youtube) pada mode HTML

3. Kemudian di Publish

4. Lihatlah hasilnya dari smartphone, tablet dan juga PC/laptop

Baca Juga: Cara Download Video Youtube di HP

Membuat Video Youtube Responsive di Postingan Blog pada Wordpress

1. Masuk ke akun wordpress kamu

2. Klik Posts > lalu pilih Add New > Masukan kode embed video youtube yang sudah kamu edit di notepad tadi (lihat nomor 5 pada Cara Mendapatkan Embed Video Youtube) pada mode Texts

3. Kemudian di Publish

4. Lihatlah hasilnya dari smartphone, tablet dan juga PC/laptop

Itulah cara embed video youtube responsive di blog, untuk melihatnya silahkan kamu buka di smartphone, tablet ataupun PC/laptop. Sekian dari saya semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Marketplace:

Jasa & Layanan (Soon):