Apa Arti PO (Purchase Order, Pre Order, Pay Out)

Saya sempat dibingungkan dengan apa arti PO, setelah ditelusuri di internet ternyata terdapat 3 penjabaran kepanjangan dari PO, yakni Purchase Order, Pre Order dan Pay Out. Dari ke tiga kepanjangan PO tersebut saya lebih mengenal Purchase Order terlebih dahulu, hal ini dikarenakan sewaktu saya menempuh pendidikan SMK mengambil jurusan Akuntansi.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan apa arti PO dari pengalaman yang saya alami. Mulai saat menempuh pendidikan di SMK, bekerja di perusahaan barang dan jasa, menjalani usaha lewat toko online dan terjun di dunia internet.

Apa Arti PO (Purchase Order, Pre Order, Pay Out)

Apa Arti PO?

Purchase Order

Seperti yang saya bilang di atas, Istilah PO yang pertama kali saya kenal yakni Purchase Order. Banyak soal-soal yang diberikan guru Akuntansi mengenai Purchase Order, namun saya belum pernah membuat/mencetak PO nya langsung. Ketika saya bekerja di perusahaan yang bergerak dibidang barang dan jasa, saya sering sekali melihat teman membuat/mencetak Purchase Order.

Purchase Order itu sendiri merupakan salah satu jenis surat binis yang sering kita temui. Saat kita melakukan order atau pemesanan kepada perusahaan rekanan atau supplier, kita pasti diminta untuk mengirimkan baik via fax, email, maupun pos Surat Purchase Order. Surat ini akan digunakan para supplier untuk mengetahui secara detail barang-barang apa saja yang kita pesan. Ini berguna untuk mengatasi kesalahan dalam memproduksi pesanan. Selain itu, Surat Purchase Order juga akan digunakan mereka (dan juga kita) sebagai file dan bagi bagian accounting/keuangan/pembukuan, Surat Purchase Order ini akan dijadikan bukti transaksi laporan keuangan.

Pre Order

Saat mencoba untuk belajar menjalani usaha lewat toko online dan sering mengintip kompetitor, saya dihadapkan dengan Arti Pre Order (PO) yang memang belum saya ketahui, karena yang saya tau PO itu yah Purchase Order pada waktu itu. Secara logika nyambung dong sebuah toko online pasti juga membutuhkan Purchase Order? Namun setelah ditelusuri PO yang dimaksud yakni Pre Order.

Pre Order itu sendiri merupakan barang tersebut tidak Ready Stock atau barang belum tersedia di toko online shop yang bersangkutan. Untuk itu kita harus memesan barang tersebut terlebih dahulu. Salah satu contoh kalimat yang biasa digunakan toko online mengenai Pre Order, “Ada yang mau ikutan Pre Order Jersey Custom Barcelona, jika berminat dapat menghubungi kontak atau membalas pesan ini”.

Pay Out

Setelah saya terjun ke dunia internet, saya menemukan istilah PO lagi, PO yang dimaksud yakni Pay Out. Pay Out itu sendiri merupakan istilah pembayaran yang sering digunakan di dunia internet untuk membicarakan pembayaran jasa internet. Dengan kata lain Pay Out adalah Pencairan Dana atau uang yang dibayarkan admin karena jasa yang dilakukan oleh seorang member bisa berupa klik iklan atau affiliasi program di internet.

Dari penjelasan arti PO di atas, untuk mengetahui PO mana yang dimaksud pastikan lihat kalimat percakapan tersebut. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu yang sedang bingung dengan isitilah PO.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel