Inilah Jenis-Jenis Lapangan Futsal yang Biasa Dijumpai

Tahukah kamu Ada banyak jenis-jenis lapangan futsal yang biasa digunakan untuk olahraga yang satu ini. Jangan cuma mainnya aja, tapi sebaiknya kenali juga jenis lapangan yang digunakan, agar nantinya bisa disesuaikan dengan sepatu yang kalian gunakan.

Selain sepak bola, futsal juga menjadi salah satu jenis olahraga yang digemari khususnya bagi laki-laki. Berbeda dengan sepak bola yang beranggotakan 11 pemain dari masing-masing tim, olahraga futsal hanya beranggotakan 5 orang saja dari masing-masing tim.

Ukuran bola futsal memiliki lingkar 63,5 – 66 cm dan berat maksimal 300g, sangat kecil bila dibandingkan dengan ukuran sepak bola yakni dengan lingkar 68-70 cm dan berat maksimal 450 gram).

Untuk lapangan sendiri, sepak bola memiliki ukuran panjang 90-120 m (meter) serta lebar 45-90 m. Sedangkan lapangan futsal memiliki ukuran panjang 38-42 m dan lebar 18-25 m. Pada umumnya kebanyakan lapangan futsal berada indoor, meskipun ada juga yg bermain futsal outdoor dengan ukuran lapangan yang sudah sesuai.

Durasi waktu yang dimainkan pada olahraga Futsal yakni masing-masing babak berdurasi 20 menit (2 x 20 menit), sedangkan permainan sepak bola durasi yang dibutuhkan selama 45 menit untuk masing-masing babak (2 x 45 menit). Waktu permainan dalam futsal juga akan terhenti apabila bola tidak berada dalam permainan, sama halnya yang ada di sepak bola

Bagi sebagian orang, olahraga yang satu ini bukan hanya sekedar berolahraga untuk mencari keringat saja, namun ada juga yang memanfaatkannya sebagai ajang silaturahmi, termasuk saya dengan teman-teman sekolah saya. Dimanapun tempatnya dan jenis apapun lapangannya saya usahakan untuk datang meski rumah saya di Bogor dan teman-teman saya di Jakarta.

Inilah Jenis-Jenis Lapangan Futsal yang Biasa Dijumpai

Berbicara mengenai lapangan futsal ternyata ada banyak jenisnya lho, kalian sudah tau belum? Kalo belum yuk lanjut baca. Berikut beberapa jenis-jenis lapangan futsal yang biasa dijumpai.

1. Jenis Lapangan Futsal Vinyl

Jenis Lapangan Futsal yang pertama yakni Vinyl atau biasa disebut karpet PVC serta memiliki bahasa ilmiah Poly Vinyl Carbonate. Jenis lapangan Vinyl ini berbahan dasar karet yang bersifat elastis , lentur, solid, dan kuat dengan permukaannya yang lembut, sehingga akan terasa nyaman jika dipakai dalam pertandingan futsal.Jenis lapangan futsal Vinyl bisa digunakan untuk lapangan indoor maupun outdoor, bahkan jenis lapangan ini sering digunakan untuk pertandingan dan event turnamen nasional dan juga internasional. 

2. Jenis Lapangan Futsal Rumput Sintetis

Jenis Lapangan Futsal yang kedua yakni Rumput Sintetis. Jenis rumput sintetis lapangan futsal merupakan rumput buatan dengan identik warna hijau yang tidak memerlukan perawatan khusus seperti menyiram air. Jenis lapangan ini sangat trend di awal tahun 2000 an. Tak jarang banyak tempat penyewaan futsal yang menggunakan bahan rumput sintetis. Jenis lapangan futsal rumput sintetis terbuat dari bahan polypropylene yang dapat digunakan untuk lapangan futsal dan mini soccer.

3. Jenis Lapangan Futsal Interlock

Jenis Lapangan Futsal yang ketiga yakni Interlock. Jenis lapangan Interlock merupakan bahan yang terbuat dari Polypropylene. Sifat bahan ini tergolong kaku, namun multifungsi serta sangat awet tidak cepat usang. Cocok untuk digunakan pada lapangan futsal indoor, serta outdoor. Selain jenis lapangan futsal vinyl, jenis Interlock juga sering digunakan untuk pertandingan dan turnamen nasional maupun internasional. Bahkan jenis lapangan Interlock juga bisa digunakan untuk olahraga badminton.

4. Jenis Lapangan Flexi Pave Lapangan Futsal

Jenis Lapangan Futsal yang keempat yakni Pave. Dilansir dari ragasport yg merupakan salah satu perusahaan jasa pembuatan lapangan di Indonesia, jenis lapangan Flexi ini merupakan produk pelapisan permukaan lapangan olahraga yang diformulasikan untuk lapangan yang memiliki lapisan aspal maupun beton. Biasanya digunakan pada permukaan lapangan badminton, futsal, basket, voli hingga mini soccer. Jenis lapangan ini bisa digunakan untuk lapangan indoor maupun outdoor.

Saat bermain futsal tentunya kita harus memilih jenis lapangan yang aman dan nyaman, serta hindari kontak fisik yang berlebihan agar terhindar dari cidera. Demikian artikel Jenis-Jenis Lapangan futsal yang biasa dijumpai di Indonesia, Untuk kalian sendiri sudah bermain futsal di jenis lapangan apa aja nih? Yuk silahkan jawab di kolom komentar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel