Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Kesalahan bX saat Custom Domain di Blogspot

Kesalahan custom domain yang saya maksud disini adalah bukan errorr yang sering terjadi saat custom domain pada umumnya. Karena kesalahan yang terjadi pada saat pertama kali kita custom domain ialah domain tersebut belum kita setting dns nya.

Jadi kesalahan custom domain dari blogspot yang saya maksud di sini adalah blog saya ingin menggunakan domain TLD tidak bisa di custom, dan muncul notifikasi berupa pop up dengan isi pesan errorr Aduh, itu Kesalahan! (bX-******). Untuk lebih jelas nya silahkan lihat gambar di bawah ini.

Mengatasi Kesalahan bX saat Custom Domain di Blogspot

Saya dibuat jengkel dengan kesalahan tersebut, saya kira blogspot saya nya yg bermasalah, saya coba custom domain dengan domain yang berbeda dan hasilnya bisa. Kemudian saya mencoba dengan domain yang sebelumnya errorr di blog saya yang satunya lagi dan hasilnya memang errorr, kemudian muncul notifikasi pesan errorr yang sama seperti gambar yang di atas.

Kasus ini terjadi karena domain saya yang errorr di blog baru, sebelumnya sudah digunakan di blog lama.

Jika kalian memiliki kasus yang sama seperti saya, kalian tepat telah berkunjung ke blog ini. Karena di sini saya akan menjelaskan cara mengatasi kesalahan bX saat custom domain di blogspot. Terdapat 2 cara untuk mengatasi kesalahan ini. Berikut caranya:

1. Cara yang pertama
Cara pertama cukup sederhana, kamu bisa mencoba menghapus Cache dan Cookie di Web Browser kamu. Hal ini di karenakan kebanyakan kode kesalahan bX bersifat sementara.

2. Cara yang kedua
Jika cara pertama belum berhasil, silahkan ikuti cara yang kedua ini.

- silahkam login ke member area tempat anda membeli domain

Mengatasi Kesalahan bX saat Custom Domain di Blogspot || Member Area Domain
Kelola Domain


Hapus CNAME dan A Record
Hapus CNAME dan A Record

- Dalam kasus ini, domain yang saya gunakan beli di niagahoster. Jika sudah masuk Kemudian Kelola Domain -> Pilih DNS dan hapus A Record beserta CNAME yang sebelumnya terhubung ke blog lama

- Buka tab baru, kemudian buka google webmaster, Namun agar lebih cepat bisa klik link berikut google webmaster tools

- Jika sudah ke buka, klik Tambah Properti, kemudian masukan domain kamu yang bermasalah

- Kemudian Pilih Metode yang disarankan, Pilih Pendaftar atau Penyediaan domain, lalu Pilih lainnya

- Setelah itu pilih Tambahkan CNAME

Verifikasi CNAME di google webmaster
Verifikasi CNAME

- Nantinya akan tampil kode CNAME dari domain kamu.

Custom domain TLD

- Kemudian verifikasi CNAME yang di dapat dari google webmaster tools ke Member Area tempat kamu membeli domain, lalu masukan CNAME tersebut. Perlu di ingat CNAME yang di dapat adalah CNAME 2, karena CNAME 1 semuanya sama dan A record juga sama pada umumnya


- Lalu setelah itu tunggu beberapa menit, kemudian langsung bisa dimasukkan domainnya ke Blogspot.

- Jika sudah berhasil biasanya blog tidak bisa dikunjungi beberapa menit atau hal ini biasa disebut propagasi

Oke sekian informasi yang bisa saya sampaikan, ini adalah pengalaman yang saya alami, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua yang membutuhkan pemecahan masalah seperti ini.