Belajar Mengetik 10 Jari yang Baik dan Benar

Semua pekerjaan yang menggunakan PC atau Laptop dituntut untuk bisa mengetik, karena ini merupakan hal yang wajib untuk dikuasai. Namun, terkadang masih banyak pengguna PC atau Laptop yang mengetik hanya menggunakan 2 jari. Tentunya hal itu dirasa kurang efisien, cobalah belajar mengetik 10 jari agar pekerjaan kamu cepat selesai.

Belajar Mengetik 10 Jari yang Baik dan Benar


Pertama kali mempraktekkan teknik ini mungkin akan terasa berat sekali, apalagi kalau sudah lancar mengetik dengan 2 jari. Tapi dengan belajar dan berlatih terus-menerus saya rasa kamu pasti bisa mengetik dengan 10 jari. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas cara belajar mengetik 10 jari yang baik dan benar.

Atur Posisi Duduk

Posisi Duduk saat mengetik 10 jari
Foto: Istimewah
Sebelum melakukan mengetik hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah posisi duduk kamu di depan layar PC atau laptop. Dengan mengatur cara duduk yang baik dan benar pada saat sedang mengetik juga dapat membantu kamu dalam melatih mengetik dengan 10 jari lebih efektif dan tidak membuat kamu sakit. Posisi duduk yang baik dan benar adalah bentuk punggung yang lurus dan tidak terlalu membungkuk. Hal tersebut agar membuat kamu tidak mudah pegal pada saat sedang mengetik dan pastikan pandangan lurus ke arah layar bukan ke keyboard. Serta menjaga jarak antara layar dengan mata sekitar 45 – 70 cm.

Posisi Tiap Jari Pada Keyboard

Selanjutnya hal yang harus diperhatikan adalah posisi tangan pada keyboard, sehingga  memudahkan tiap jari untuk melakukan perintah atau tugasnya. Berikut fungsi atau tugas masing-masing jari di setiap tangan.

1. Posisi Jari Tangan Kanan

  • Jari Jempol : Bertugas menekan tombol keyboard Spasi. Prinsip kerjanya dibuat bersilang dengan jempol kiri. Bila jari di tangan kanan yang terakhir menekan tombol maka baru menggunakan jari Jempol kanan ini dan demikian sebaliknya.
  • Jari Telunjuk : Bertugas untuk menekan tombol keyboard J, H, U, Y, M, N, 7 dan 6
  • Jari Tengah : Bertugas untuk menekan tombol keyboard K, I, koma (,) / tanda lebih kecil (<) dan 8 atau tanda bintang (*)
  • Jari Manis : Bertugas untuk menekan tombol keyboard L, O, 9 / tanda kurung kiri ( ( ), dan titik (.) / tanda lebih besar (>) serta Alt
  • Jari Kelingking : Bertugas untuk menekan tombol keyboard yang ada di sebelah kanan, selain dari yang telah disebutkan di atas, mulai dari tanda titik dua (;), tanda petik (‘), Enter, huruf P, tanda kurung siku ( { } / [ } ), garis miring kanan (/), garis miring ke kiri ( \ ), tanda Tanya  ( ? ), klik kanan (tanda seperti dokumen) serta Shift dan Ctrl kanan.

2. Posisi Jari Tangan Kiri

  • Jari Jempol : Bertugas menekan tombol keyboard Spasi. Namun ini kebalikan dari Jari Jempol Kanan.
  • Jari Telunjuk : Bertugas untuk menekan tombol keyboard F, R, V, G, T, B, angka 4 dan 5,
  • Jari Tengah : Bertugas untuk menekan tombol keyboard D, E, C, dan angka 3.
  • Jari Manis : Bertugas untuk menekan tombol keyboard S, W, X, dan 2.
  • Jari Kelingking : Bertugas untuk menekan tombol keyboard A, Q, Z, 1, Alt dan selain yang disebut, yaitu tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, dan tombol jendela / Windows.

Baca Juga: Cara Membuat Tombol Shortcut Shut Down, Restart, Mode Sleep, Lock, Hibernate

Download Software Belajar Mengetik 10 Jari

Untuk melatih dan memperlancar mengetik 10 jari kamu dapat mendownload software belajar mengetik 10 jari di google. Cari saja yang gratis, jika kamu memang mempunyai uang kebih tidak ada salahnya untuk membeli yang premium.

Praktek Secara Online

Solusi lain jika ingin lancar mengetik dengan 10 jari yakni dengan praktek langsung lewat online. Dengan cara ini kamu tidak harus mendownloadnya terlebih dahulu, tapi dengan praktek secara online kamu harus mempunyai sambungan internet dan kouta. Berikut warunginter.net rekomendasikan salah satu situs untuk belajar mengetik 10 jari secara online.

1. Typing.com

Belajar mengetik 10 jari secara online
Situs belajar mengetik 10 jari ini sangat recommended banget, bisa dibilang fitur ini sangat komplit. Kamu akan disuguhi langsung dengan berbagai pilihan yang menarik dari situs belajar mengetik 10 jari online ini, karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan berbagai tingkat kemampuan, mulai dari Beginner, Intermediate, dan Advance. Selain itu, kamu juga bisa bermain game sambil berlatih mengetik 10 jari lho, cukup komplit kan?

Baca Juga: Cara Membuat NPWP Online Untuk Blogger dan Youtuber

Itulah artikel mengenai belajar mengetik 10 jari dengan baik dan benar, semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk dapat menggunakan seluruh jarinya pada keyoard.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel