Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow

Sebagai seorang blogger kita harus paham perbedaan backlink dofollow dan nofollow. Karena ini sangat penting menyangkut pada SEO dan PageRank suatu blog. Kata dofollow sendiri berasal dari bahasa Inggris yang terdiri dari kata "do" dan "follow" yang artinya "mengikuti". Sedangkan kata nofollow terdiri dari dua suku kata yakni "no" dan "follow" yang artinya "tidak mengikuti".

Bagi pemula khususnya yang mendapatkan pesanan review site biasanya main memberi baclink sesuka hati. Dalam kasus review site, backlink adalah link yang mengarah ke blog/website yang sedang kita review. Istilah backlink juga dikenal dengan sebutan Inbound Link atau Link Masuk.

Jika ingin memberi backlink berupa dofollow sebaiknya melakukan kesepakatan terlebih dahulu di awal. Warunginter.net kali ini akan mencoba mengulas perbedaan backlink dofollow dan nofollow.

Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow

Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow

Perbedaan backlink dofollow dan nofollow terletak pada nilai yang diberikan terhadap 2 link tersebut. Saat mesin pencari google membaca sebuah backlink, link tersebut akan di analisa terlebih dahulu, apakah backlink dofollow atau nofollow. Jika link tersebut adalah sebuah backlink dofollow maka Google Bot juga akan melakukan crawl (perayapan) kepada situs yang ditautkan tersebut. Google Bot akan mengindexnya sampai ke akar-akarnya. Sedangkan bila link tersebut berupa nofollow maka saat Google melakukan crawl, tidak akan di index sama sekali.

Baca Juga: Cara Ubah Permalink Blogger Tanpa Kehilangan Traffik

Memberi Backlink Dofollow dan Nofollow

Link dofollow sebenarnya bersifat default. Yang artinya, setiap link dalam postingan akan otomatis dofollow jadi tidak perlu melakukan apa-apa kalau berniat membuat link dofollow. Sedangkan untuk membuat link nofollow sedikit berbeda dengan dofollow, kita harus menambahkan atribut. Berikut contoh backlink dofollow dan nofollow.

Contoh link dofollow:
<a href=”http://www.warunginter.net/”>Warung Internet</a>


Contoh link nofollow:
<a href=”http://www.warunginter.net/” rel=”nofollow”>Warung Internet</a>


Cara Memberi Backlink Dofollow dan Nofollow
Untuk membuat link dofollow atau nofollow di blogspot sangat mudah, caranya seperti hanya memasukkan link pada umumnya. Namun yang harus diperhatikan adalah mencentang tulisan add 'rel=nofollow' attribute yang ada di bagian akhir.

Baca Juga: Pengganti Google Submit URL yang Hilang

Cara Melihat Backlink Dofollow dan Nofollow

Ada banyak cara untuk mengetahui link apakah dofollow dan nofollow, salah satunya menggunakan Inspect Element. Caranya cukup mudah, pilih sebuah link, kemudian klik kanan dan pilih Inspect Element. Jika terdapat rel’nofollow’ pada keterangan tersebut sudah dipastikan link tersebut berupa nofollow.

Cara Melihat Backlink Dofollow dan Nofollow

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel