Cara Mudah Menghitung Uang Masuk dari Lazada

Cara Mudah Menghitung Uang Masuk dari Lazada - Lazada merupakan salah satu marketplace terbesar yang ada di Indonesia dan juga asia tenggara. Maka tak heran pada quarter 3 tahun 2019 lazada menempati posisi keempat dalam persaingan toko online di Indonesia dengan jumlah pengunjung bulanan mencapai 277.995.900.

Tak sedikit dari masyarakat Indonesia yang ingin mencari keberuntungannya sebagai penjual di marketplace lazada ini. Apalagi ongkos kirim di lazada untuk wilayah Jabodetabek saat ini hanya Rp. 6.100 per kg dan sebagian wilayah Jawa Barat Rp. 7.500 per kg. Sehingga pembeli merasa tidak terbebankan dengan ongkos kirimnya dan keunggulan lazada lainnya yaitu bisa COD.

Menjual barang di lazada sebenarnya sangat mudah, karena di seller center lazada atau tempat berjualan kita di lazada terdapat panduan-panduan yang memudahkan kita untuk berjualan di marketplace tersebut.

Selain mengikuti panduan kamu juga harus mempelajari cara melakukan optimasi penjualan online agar produk kamu bisa muncul di halaman pertama pencarian, sehingga berpeluang untuk di beli orang.

Cara Mudah Menghitung Uang Masuk dari Lazada

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman cara mudah menghitung uang masuk dari lazada. Jadi pastikan kamu telah memiliki akun seller center lazada yah, jika belum silahkan daftar terlebih dahulu dengan mengikuti petunjuk-petunjuk yang ada.

Penarikan uang Lazada berbeda dengan tokopedia ataupun shopee. Bila di tokopedia dan shopee kita bisa request uang yang ditarik dengan nominal tertentu dan kapanpun kita bisa menyesuaikan nya sendiri.

Untuk penarikan uang di lazada dilakukan secara otomatis, maka dari itu saat pendaftaran toko pastikan data-data yang di input harus tepat termasuk memasukan data nomor rekening kamu, agar pencairan uang bisa langsung masuk ke rekening.

Pembayaran dari Lazada sendiri akan di bayar di hari rabu minggu depan untuk transaksi yang berhasil di hari senin sampai minggu (kecuali akhir tahun biasanya dipercepat).

Daripada semakin penasaran berikut cara mudah menghitung uang masuk dari lazada versi Warung Internet yang disajikan dengan gambar yang semakin memudahkan kamu untuk memahaminya.

1. Mencatat data pemesan di Laporan Penjualan.

Hal pertama yang saya lakukan adalah mencatat nya di laporan penjualan yang saya buat sendiri. Jika ada pesanan masuk akan tampil di Pesanan & Ulasan > Pesanan > Tertunda. Silahkan dicatat data pemesan dengan klik Nomor Pesanan lalu masukan ke laporan penjualan kalian atau bisa mengikuti laporan penjualan sederhana yang saya buat di bawah ini:

Laoran Penjualan Sederhana

Tgl Kirim

Maksud dari Tanggal kirim adalah tanggal dimana kamu mengirimkan barang ke jasa pengiriman atau saat barang keluar.

Tgl Bayar

Maksud dari Tanggal Bayar adalah pembeli telah menerima barang pesanannya yang sebelumnya telah dikirim oleh penjual.

Nama Pembeli

Pada bagian ini saya juga memasukan nama pembeli beserta nomor telepon dan alamatnya agar semakin mudah untuk memfollow up nya di kemudian hari, karena ini merupakan sebuah aset.

ID Faktur

Jika kamu membuat ID Faktur secara manual silahkan di isi agar kalian tidak lupa nantinya jika ada orderan selanjutnya.

Nama Barang dan Qty

Nama Barang silahkan di isi dengan produk yang kamu jual dan Qty ada jumlah produk yang di pesan oleh pembeli

Fee Marketplace

Biasanya di setiap marketplace mempunya biaya admin atau fee marketplace, biayanya pun berbeda-beda setiap marketplace. Untuk di lazada, fee marketplace sebesar 1,8% tapi jujur fee yang dikenakan ke saya lebih dari 1,8% tapi tidak melebihi 1,9%. Untuk mengetahui besaran fee, kamu harus menunggu pesanan telah berhasil atau telah diterima oleh pembeli.

Jumlah dan Total

Untuk Jumlah didapatkan dari I4*J4+I5*J5+I6*J6 atau Qty dikali Harga Barang. Sedangkan untuk Total, Jumlah – Fee Marketplace.

Cara Menghitung Uang Masuk di Lazada dengan Mudah

2. Perhatikan menu Sudah Diterima

Cek Status Diterima Oleh Pembeli di Lazada

Jika pesanan yang sudah kamu kirim dan telah diterima oleh pemesan maka akan masuk ke menu Sudah Diterima. Ada yang perlu diperhatikan pada bagian Tanggal Pembaharuan, silahkan kalian masukan Tanggal Bayar di laporan penjual sesuai nama pemesan untuk mengetahui nama pembelinya silahkan tekan Nomor Pesanan.

Tanda Barang Pesanan di Lazada Sudah Sampai - Seller Lazada

Selain melihat dari tanggal pembaharuan, kalian juga bisa melihat tanggal diterima setelah melihat nomor pesanan kemudian scroll paling bawah pada Riwayat Barang, lihat bagian status Sudah Diterima kemudian melihat tanggal dibuat pada nya. Oiya untuk yang belum mengetahui besaran fee nya, bisa kalian lihat pada bagian fee kemudian kalian catat juga yah di laporan penjualan.

3. Cocokan Laporan Penjualan yang kamu buat dengan Laporan Akun di lazada.

Untuk melihat Laporan Akun di lazada sebaiknya dilakukan di hari senin yah, karena transaksi yang telah berhasil di hari senin sampai hari minggu di minggu sebelumnya sudah bisa dilihat jumlah besaran uang yang akan dibayarkan ke kamu untuk hari rabu atau sesuai periode yang sudah ditetapkan lazada. Jika cocok tandanya kamu telah berhasil menghitung uang masuk dari lazada.

Gimana cukup mudah kan? Itulah artikel mengenai cara mudah menghitung uang masuk dari Lazada, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang berjualan di lazada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel