Cara Mengetahui HP Disadap atau Tidak

Cara Mengetahui HP Disadap atau Tidak - Bagi semua orang merupakan sebuah bencana apabila smartphone atau HP disadap oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Jika sudah disadap, dia bisa tau percakapan kamu, mencuri data-data penting di Hp, serta melakukan transaksi ataupun aktivitas tertentu tanpa kita ketahui. Itu adalah sebuah kejahatan yang dapat menimpah siapa saja, terutama bagi yang sering melakukan download sembarangan.

Untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu perlu mengetahui ciri-ciri yang menunjukkan HP kamu telah atau sedang disadap orang lain. Ada beberapa cara untuk mengetahui HP disadap atau tidak, Berikut warunginter.net sajikan dari berbagai sumber yang ada di internet.

Cara Mengetahui HP Disadap atau Tidak

Cara Mengetahui HP Disadap dengan Frekuensi Telepon

Cara yang pertama mengetahui HP disadap orang lain adalah saat bertelepon. Seringkali korban penyadapan tidak menyadari kalau orang lain sedang mengintai percakapannya panggilan teleponnya di HP. Ada beberapa ciri di bawah ini, yang kemungkinan HP kamu sedang disadap.

Ciri-cirinya adalah terdapat suara atau bunyi aneh selama panggilan telepon berlangsung yang bukan berasal dari kamu atau dari pihak lawan bicara di telepon. Ciri selanjutnya ialah suara yang bergema, seakan-akan lawan bicara kamu berada di sebuah lorong. Kamu juga akan beberapa kali mengalami salah sambung yaitu ketika kamu ingin menelepon seseorang, malah tersambung ke nomor orang lain.

Baca Juga: 2 Cara Menambahkan Lirik Lagu di Pemutar Musik

Cara Mengetahui HP Disadap dengan Kode Rahasia

Cara yang kedua mengetahui HP disadap orang lain adalah dengan Kode Rahasia. Berikut cara mengetahui dan solusinya.

1. Keitk *#21# atau bisa juga *#61# > lalu tekan Telepon atau OK

Jika hasil yang tertulis Not Forwading atau Tidak diteruskan, berarti HP kamu masih aman. Namun jika ternyata tertulis Forwading atau Diteruskan sudah dipastikan HP kamu termasuk kedalam ciri-ciri tersadap.

Jika HP kamu termasuk ciri-ciri disadap, warunginter.net akan memberikan solusinya. Berikut cara mengatasi HP disadap dengan cara berikut.

1. Keitk *#002# > lalu tekan Telepon atau OK

Jika sudah maka segala fitur yang Forwading/Diteruskan tadi akan terhapus

Baca Juga: Cara Transfer Pulsa 3 Terbaru

Cara Mengetahui HP Disadap oleh Kepolisian CyberCrime

Beberapa waktu lalu ramai diperbincangkan sistem yang terpasang di smartphone kamu. Sistem ini bernama Big Data Cyber Security (DBCS) yang dipelopori oleh Wantanas RI yang akan mengambil semua informasi melalui internet di Indonesia.

Jadi semua percakapan kamu di Whatsapp, BBM, Line dan beberapa pesan chat instan lainnya bisa otomatis masil DBCS. Namun sistem ini masih belum terintegrasi di semua ponsel. Kamu dapat mengecek HP disadap polisi dengan cara berikut ini.

1. Keitk *#06# > lalu tekan Telepon atau OK

Apabila keluar nomor IMEI saja, maka HP kalian belum tersadap masuk system BDCS. Jika muncul tulisan IMEI /01 atau IMEI/02  seperti di HP saya, berarti HP kalian sedang dipantau oleh Kepolisian Cyber dan tersadap.

Notifikasi tidak selalu seperti di atas. Biasa jadi notifikasi yang muncul IMEI -01 IMEI /01/ atau IMEI-02/IMEI/02. Intinya, jika hp disadap, muncul angka /01 atau /02 Untuk masalah ini, tidak ada solusinya, soalnya ini memang kebijakan Kepolisian CyberCrime.

Baca Juga: Cara Menampilkan Catatan Yang Tersembunyi di Xiaomi

Itulah cara mengetahui HP disadap atau tidak nya oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, semoga artikel ini dapat membantu menambah pengetahuan kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Marketplace:

Jasa & Layanan (Soon):